Senin, 25 Januari 2010

Rektor Universitas Al Ahgaff Yaman Kunjungi Lirboyo



Kembali seorang tokoh besar dari Republik of Yaman, berkunjung ke Pondok Pesantren Lirboyo (23/01), beliau adalah Prof. Dr. Sayyid Abdulloh bin Muhammad Baharun, grand Syiekh atau Rektor Universitas Al-Ahghaf Hadhramaut Republik Of Yamani. Dalam rangakaian lawatannya ke Indonesia Habib Abdulloh singgah di Pondok Pesantren Lirboyo, setelah mengunjungi beberapa pesantren besar di Indonesia, Dalam kunjungannya ke Pondok Pesantren Lirboyo tersebut, Prof. Dr. Sayyid Abdulloh berkenan menyampaikan ceramah ilmiah dihadapan ribuan santri, yang berkumpul di serambi Masjid Pondok Pesantren Lirboyo.

Dalam ceramah ilmiah yang diterjemahkan oleh Agus H. Reza Ahmad Zahid (Putra KH. Imam Yahya Mahrus/ Pengasuh Lirboyo), Prof. Dr. Sayyid Abdulloh meneguhkan kembali kepada santri, agar senantiasa meningkat amaliyahnya dalam belajar, agar kehadiran di pesantren yang agung ini tidak sia-sia, “ yang pertama tirulah semua tindak laku Kiai dan Gurumu, agar kelak kalian bisa mengamalkan semua ilmu-ilmunya.
Dari informasi yang dihimpun oleh Kru lirboyo.com, agenda kegiatan Prof. Dr. Sayyid Abdulloh yang dijadwalkan kurang lebih 30 hari di Indonesia ini, salah satu tujuannya adalah mengunjungi beberapa Pesantren dan kediaman para Habaib rekan sejawanya semasa kuliah dulu, selain itu Prof. Dr. Sayyid Abdulloh juga berkeinginan untuk meneguhkan faham Ahlussunah Wal Jamaah, yang akhir-akhir ini mulai terkikis, oleh faham Liberal yang kini semakin membabi buta.
Sedikit informasi tentang Universitas Al-Ahgaf, yakni Universitas yang dipimpin oleh Prof. Dr. Sayyid Abdulloh, adalah satu-satunya Universitas ternama di Negara ini, sehingga tidak sedikit mahasiswanya yang berasal dari luar negeri, bahkan dari Indonesia saja jumlah mahasiswanya ada 350 orang lebih dan 35 orang diantaranya adalah alumnus Pondok Pesantren Lirboyo, kelebihan lain yang dimiliki universitas ini adalah, masih kuatnya faham Ahlisunah wal Jamaah, meski sering mendapatkan gempuran dari berbagai macam faham. Secara kurikulum mata pelajaran yang di ajarkan hampir sama dengan mata pelajaran yang diterapkan di Madrasah Hidayatul Mubtadi’ein Lirboyo kediri, mulai dari kita Al-Waroqot,  Kitab Lubul Ushul, Mahali (minhaj), Alfiyah, dll. Riif